Ternyata Sangat Mengesankan

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS.ID – Setelah di artikel sebelumnya kami membahas mengenai eksterior dan interiornya, pada artikel ini kami akan membahas tentang rasa penasaran kami terhadap mesin berkapasitas kecil yang disematkan Honda ke CR-V generasi ke lima ini.

Orang awam akan berpikir, sebuah CR-V dengan berat kurang lebih 1.600 Kg, kok mesinnya hanya berkapasitas 1.498 cc. Biasanya mesin dengan kapasitas tersebut disematkan pada mobil sedan city car seperti Honda Jazz dan Honda City.

Meskipun menggunakan teknologi turbo, tapi kami masih tidak yakin akan membuat CR-V dapat dikendarai dengan fun to drive. Akhirnya kami langsung segera mencobanya. Saat pedal gas diinjak, torsi sebesar 240 Nm cukup terasa meskipun terdapat sedikit lag pada turbonya.

Tapi saat mobil sudah melaju, tenaga sebesar 190 dk cukup terasa. Bahkan menurut data claim, dari diam hingga melaju hingga kecepatan 100 km/jam hanya dibutuhakn waktu sekitar 7 detikan. Itu seperti mobil dengan kapasitas mesin 2.500 cc N/A.

Benar-benar fun to drive. Saat berada di mode sport, rpm diseting lebih tinggi. Dengan memainkan paddle shiftnya, cukup mudah menyalip mobil lain di jalan ibu kota. Sungguh tidak terasa sedang berada di sebuah mobil berkapasitas mesin 1.498 cc.

Konsumsi bahan bakar pun sangat irit. Dalam rute kombinasi, MID mencatatkan 9,5 km/L. Bantingan suspensi pun lebih lembut dibandingkan oleh generasi sebelumnya. Meskipun begitu, mobil ini dirasa makin stabil. Terutama saat melaju di kecepatan cukup tinggi.

Kami sengaja tidak menggunakan mode Econ karena kami tidak suka menyetir hemat. Jadi mode Econ tidak kami pakai sekalipun. Kami sangat puas dengan Honda CR-V generasi kelima ini. Honda memberikan banyak sekali perbaikan pada CR-V.

Good Work Honda.

[Gilang Budiman]

Copyright © 2013 - 2016 Honda Jakarta Center. All Rights reserved.